Kamis, 06 Agustus 2009

MENENTUKAN PHERIPERAL KALIBRASI

Seberapa lama interval kalibrasi dilakukan? Setahun? Atau bolehkah kastamer meminta interval kalibrasi lima tahun misalnya, dari yang biasanya setahun ?

Semua sebenarnya tergantung pada kastamer, karena bagaimanapun alat ukur mereka menjadi tanggung jawab mereka sendiri. Namun demikian, Lab boleh saja memberi rekomendasi bahwa interval kalibrasi suatu alat harus setahun, misalnya. Tentu semua harus ada dasar ilmiahnya.

Dan ini semua juga sangat tergantung dari umur alat ukur, kinerjanya, bahkan siapa pabrikannya pun jelas memiliki bobot tersendiri untuk menentukan interval kalibrasi ini. Untuk penentuan interval kalibrasi, untuk electrical testing, sebagian besar biasanya dinyatakan secara periodik harus dilakukan kalibrasi, walaupun dalam beberapa kondisi penentuannya harus dengan memperhitungkan pula kondisi pemakaian, frekuensi pemakaian sampai ke persoalan bagaimana melakukan perawatannya.

Jadi jika ada kastamer meminta interval kalibrasi (biasa dinyatakan dalam istilah “due date calibration”) dinyatakan lebih dari setahun, misalnya, Lab harus mengecek dulu sejarahnya, kinerjanya, dan catatan-catatan teknisnya (misalnya dengan mencari catatan teknisnya di Internet atau katalog atau sumber lainnya). Untuk kemudian barulah Lab dapat membantu judgement interval tersebut. Namun jika Lab tidak mampu melakukannya, sebaiknya Lab mengosongkan saja rekomendasi tersebut dan semua diserahkan kepada kastamer, karena hal ini akan mempengaruhi bonafiditas Lab juga.

Dalam perkembangannya, ISO pun mempertimbangkan hal ini, ada aturan yang melarang Lab untuk sewenang-wenang memberikan judgement interval kalibrasinya. Ini biasanya terkadang dibuat Lab untuk urusan komersil, tentu saja semakin cepat alat ukur harus kembali dikalibrasi itu akan semakin mempertinggi kesempatan Lab mendapatkan efek ekonomisnya. Dan yang seperti ini tentu akan berpotensi merugikan kastamer.

Dalam penentuan interval kalibrasi, dapat juga dinyatakan dalam waktu kalender misalnya setahun, atau bisa menggunakan waktu penggunaan misalnya dalam 500 jam penggunaan, ataupun bisa juga menggunakan kombinasi keduanya, tergantung mana duluan yang terjadi, ya mirip penentuan waktu penggantian oli mobil.

Sebenarnya ada rumus bagaimana cara menentuka interval kalibrasi. Tapi mungkin kita bahas lain kali dalam tulisan yang lain.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and BMW Cars. Powered by Blogger